Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Gorontalo Utara, Roni Imran, mengkampanyekan makanan bergizi bagi anak-anak, agar diimplementasikan baik di perkotaan dan pedesaan.

"Upaya Presiden Joko Widodo agar anak Indonesia, khususnya di Gorontalo Utara mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi patut dicontoh dan disebarluaskan," ujar Roni, Selasa di Gorontalo.

Menurutnya, kegiatan menyusuri seluruh dusun di 123 desa termasuk bertatap muka dengan para anak di sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka, adalah untuk mengkampanyekan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

"Tidak perlu mahal, sebab daerah kita kaya akan sumber makanan sehat dan bergizi maka upaya mengkampanyekannya sangat penting," ujarnya.

Pemerintah daerah juga kata ia, bekerjasama dengan organisasi perempuan diantaranya PKK dan Dharma Wanita, ikut digerakkan mengkampanyekan cara pengolahan makanan yang baik, sehat dan bergizi kepada para ibu rumah tangga.

Lanjut kata Roni, kebanyakan sekolah di daerah ini masih membebaskan anak didiknya jajan di luar sekolah, maka pemerintah daerah akan mengintensifkan kembali pembuatan kantin sehat.

"Jajanan sejenis "junk food" ataupun makanan ringan diharapkan tidak lagi disajikan di kantin sehat, namun anak sekolah dibiasakan mengkonsumsi makanan sehat dengan olahan sederhana yang layak mereka konsumsi untuk menunjang masa pertumbuhannya," ujar Roni yang mengkampanyekan makanan sehat bergizi pada anak-anak di Dusun Popaya, Desa Hutokalo, Kecamatan Sumalata.

Data Dinas Kesehatan setempat semester I tahun 2016 kata ia, menunjukkan anak usia 5-12 tahun banyak ditemukan mengidap penyakit types.

Diagnosa tersebut diduga akibat terbiasa mengkonsumsi makanan tidak sehat dan tidak bergizi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016