Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango memberi perhatian kepada 75 kepala keluarga transmigrasi asal Jawa Timur, yang sudah menetap di Desa Owata, Kecamatan Bulango Ulu, dengan membangun infrastruktur pendukungnya.

"Mereka sudah berbaur dengan masyarakat setempat. Meski begitu kami tetap membangun infrastruktur bagi mereka, seperti pembangunan jembatan dan penyediaan air bersih," ungkap Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsossnakertrans) Bone Bolango, Merry S Ngadju.

Merry mengatakan, warga transmigrasi merupakan tanggung jawab dari pemkab setempat untuk menjadikan mereka mandiri dan hidup seperti masyarakat lokal di Bone Bolango.

"Saya harapkan program itu mampu menyentuh kepentingan warga transmigrasi dan membuat mereka bisa berkembang," katanya.

Tahun 2016 ini juga akan ada penyaluran dana dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berupa pembangunan jembatan.

"Pembangunan itu untuk menunjang peningkatan pendapatan masyarakat, karena menjadi jalur penghubung untuk mempermudah akses mengangkut hasil-hasil kebun dan lainnya," ucap Merry.

Sebelumnya Pemkab Bone Bolango juga telah memberdayakan para penyandang disabilitas melalui program pemberdayaan masyarakat. Mereka telah diberi alat usaha sesuai kebutuhan.

Selain itu, para remaja di daerah itu telah diberi modal dalam bentuk barang untuk membuka usaha perbengkelan, agar mata rantai dari pengangguran yang meresahkan bisa terputus.

"Hingga pada bekas warga binaan lembaga pemasyarakata kami perhatikan," tutup Merry. 

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016