Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Kepegawaian Negara (BKN) membangun Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Gorontalo, guna mendekatkan pelayanan kepegawaian kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sekretaris utama BKN, Usman Gumanti, Jumat, mengatakan pihaknya berkomitmen dalam menjangkau percepatan layanan kepegawaian di daerah dengan membangun UPT.

UPT BKN Gorontalo berlokasi di Jalan DJ Rachman (Kantor Samsat Lama), Kabupaten Gorontalo. Setelah sebelumnya juga meresmikan UPT BKN Semarang, Serang dan Jambi beberapa waktu lalu,

Peresmian UPT Gorontalo dilakukan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana bersama Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

Menurutnya UPT Gorontalo merupakan salah satu dari sembilan UPT BKN yang akan didirikan pada tahun 2016.

UPT BKN yang tersebar akan membantu pemerintah daerah dalam mengawal penyelenggaraan kepegawaian di daerah.

Ia menjelaskan fungsi utama UPT BKN akan menyediakan sarana pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi, dan seleksi ujian ikatan dinas melalui Computer Assisted Test (CAT BKN).

"UPT BKN juga menyediakan fasilitas Assessment Center yang digunakan untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kompetensi ASN seperti Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi," ujarnya.

UPT Gorontalo sudah difasilitasi dua Ruang CAT dengan kapasitas total 54 orang, dilengkapi dengan kamera CCTV, ruang monitoring, registrasi, administrasi, ruang tunggu serta loker untuk peserta yang sudah sesuai standar stasiun CAT.

"Unit ini merupakan cikal bakal pengembangan organisasi yang lebih besar dan nantinya juga akan melayani layanan kepegawaian selain fasilitasi berbasis CAT dan Assessment Center," tambahnya.

Usman juga mengungkapkan bahwa kehadiran UPT diharapkan dapat meningkatkan kualitas percepatan pelayanan kepegawaian di seluruh Indonesia, serta mempermudah sinergi BKN dengan seluruh komponen kepegawaian daerah.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016