Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sejumlah daerah di Indonesia termasuk Provinsi Gorontalo berpotensi mengalami hujan lebat selama tiga hari yakni 25-27 Oktober 2016.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Gorontalo Indar Adi Waluyo, Selasa, mengatakan daerah yang rawan hujan tersebut adalah Gorontalo, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

Dari kondisi atmosfer terkini, lanjutnya, terdapat indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di daerah tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin," katanya.

Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 - 4,0 meter di Laut Andaman, Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Barat.

Sebelumnya BMKG Gorontalo memprediksi Curah Hujan (CH) kumulatif selama periode Oktober 2016 sampai dengan Maret 2017 di daerah Non Zona Musim Gorontalo bagian Selatan, berada di atas normal.

"Curah hujan pada periode itu bervariasi dari 500 mm hingga 1000 mm, yang meliputi seluruh Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, seluruh wilayah Kabupaten Gorontalo, Boalemo dan Pohuwato," ujarnya.

Prediksi yang sama juga berlaku untuk wilayah Zona Musim di Gorontalo bagian Utara yang meilputi Kecamatan Kwandang, Tomilito, Gentuma, Atinggola, Anggrek, Sumalata Timur, Sumalata, dan Tolinggula.

Ia menjelaskan sifat hujan kumulatif selama periode Oktober 2016 sampai dengan Maret 2017 di daerah Non Zona Musim, merupakan perbandingan antara curah hujan yang diprakirakan terhadap rata-rata periode tahun 1981-2010 pada masing-masing daerah dalam periode yang sama.

"Sifat hujan tersebut dibagi dalam tiga kategori yaitu Atas Normal, Normal, dan Bawah Normal," tambahnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016