Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyiapkan posko pelayanan bagi korban banjir di sejumlah daerah yang terkenda dampak bencana alam itu, Rabu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir di Gorontalo, Rabu, mengatakan saat ini pihaknya telah menyiapakan posko di Kecamatan Limboto, Tolangohula, dan Limboto Barat.

"Petugas puskesmas juga ikut bersama-sama melakuan evakuasi pasien korban bencana banjir," katanya.

Di sejumlah posko tesebut, petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pelayanan kepada korban banjir yang berhubungan dengan keluhan sakit.

"Korban banjir biasanya sangat rentan terhadap penyakit kulit dan karena keterbatasan air bersih dapat terserang sakit diare," katanya.

Roni Sampir juga menjelaskan tim tenaga medis bersiaga setiap waktu dan bekerja sama dengan lintas sektor dalam pelayanan kesehatan korban banjir.

"Biasanya pascabanjir, banyak penyakit yang dapat timbul, karena sisa-sisa banjir membawa banyak bibit penyakit, dan diharapkan korban juga selalu mengonsumsi air bersih atau air masak serta air mineral yang higienis," katanya.

Wakil Bupati Gorontalo Fadli Hasan mengatakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan terus melakukan tindakan strategis dalam menghadapi bencana banjir tersebut.

Hujan yang melanda daerah tersebut sejak Selasa (25/10) siang hingga sore menyebabkan sembilan kecamatan di Kabupaten Gorontalo terendam banjir.

Warga yang rumahnya terendam banjir mencapai 3.000 kepala keluarga atau 15.000 jiwa yang tersebar di sembilan kecamatan dan 20 desa di Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016