Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Warga di Pulau Dudepo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 dengan menggelar upacara bendera di atas dermaga rakyat.

"Upacara ini baru pertama kali digelar di pulau ini dalam kurun 70 tahun selama pulau Dudepo berpenghuni," ujar Kepala Desa Dudepo, Rustam Biiya, Sabtu di Gorontalo.

Ia mengatakan, pemuda desa bekerjasama dengan karang taruna kecamatan, menginisiasi penyelenggaraan upacara yang terbilang unik tersebut.

Apalagi inspektur upacaranya adalah Wakil Bupati Roni Imran yang mengenakan baju seragam resmi, seperti halnya memimpin upacara di tingkat kabupaten ataupun provinsi.

Rustam mengaku bangga, penyelenggaraan upacara yang diikuti seluruh elemen masyarakat, bahkan pemuda desa antusias menyiapkan beberapa unit perahu agar peserta upacara bisa berada tepat di depan tiang bendera yang diletakkan di tengah-tengah dermaga.

Wakil Bupati Roni Imran pun mengaku antusias mengikuti upacara tersebut, mengingat inisiatornya adalah pemuda.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dipelopori pemuda, sebagai tanda keyakinan mereka terhadap kemajuan pembangunan di wilayahnya dan keinginan mereka untuk maju dan menjadi yang terbaik untuk daerahnya," ujar Roni.

Ia berharap, kegiatan-kegiatan peringatan hari nasional tersebut akan lekat pada ingatan para pemuda sebagai generasi penerus pembangunan bangsa dan negara.

Upacara pengibaran bendera merah putih diatas dermaga dilakukan tiga orang petugas pengibar berseragam lengkap, upacara diikuti unsur TNI dan Polri di tingkat kecamatan, Camat Anggrek, anggota DPRD daerah pemilihan Monano-Anggrek, pengurus karang taruna dari 9 desa serta puluhan guru dan ratusan siswa SD dan SMP di Pulau Dudepo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016