Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengingatkan warga waspada potensi bencana banjir dan angin puting beliung, karena memang rawan terjadi di wilayah tersebut.

"Kabupaten ini memiliki 14 titik paling rawan bencana, khususnya banjir, namun prioritas yang diwaspadai saat ini adalah banjir dan angin puting beliung yang ikut melanda wilayah bagian barat yaitu Kecamatan Sumalata dan Sumalata Timur pada pekan lalu," kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, saat rapat forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) tingkat Provinsi Gorontalo, Selasa.

Itu juga yang bupati laporkan langsung pada pelaksana tugas (Plt) Gubernur Gorontalo Profesor Zudan Arif Fakrullah, seiring dengan intensitas curah hujan tinggi untuk saat ini.

Ia memaparkan jika Gorontalo Utara saat ini waspada bencana alam dan konsisten menangani korban angin puting beliung.

Diantaranya membangun rumah sehat layak huni yang disalurkan gratis kepada rumah tangga korban puting beliung.

Pemkab pun bekerjasama dengan investor hutan tanaman industri (HTI) melakukan pengerukan sungai untuk mencegah banjir, termasuk membangun bronjong.

Disamping membentuk tim relawan tanggap bencana yang disiagakan 1x24 jam. Mereka pun kata bupati, dikerahkan untuk membantu korban bencana banjir di Kabupaten Gorontalo.

Khususnya pendistribusian air bersih melalui mobil tangki air sebanyak empat unit yang disiapkan pemkab untuk penanganan korban pasca bencana alam.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016