Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan sosialisasi tentang adaptasi perubahan iklim kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut sebagai tindak lanjut dari strategi aksi adaptasi perubahan iklim.

Selain itu Pemkab Gorontalo juga akan melakukan konsultasi publik di tingkat provinsi dan diseminasi ke tingkat nasional, kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Sabtu.

"Adaptasi Perubahan Iklim (API) tidak hanya berhenti pada tataran elit dan teknokrat saja, namun juga bisa dipahami dan diimplementasikan oleh seluruh lapisan masyarakat," katanya saat Diskusi Sosialisasi Aksi API yang diselenggarakan oleh Pusat Transformasi Kebijakan Publik dan Pemkab Gorontalo.

Diskusi ini menghasilkan beberapa poin penting terkait kegiatan sosialisasi API kepada masyarakat Kabupaten Gorontalo yaitu pemberian insentif dan disinsentif perubahan iklim yang diberikan kepada masyarakat dan pengusaha, dan pendirian BUMD Lingkungan di Pemkab Gorontalo.

Bupati sendiri sudah berkomitmen untuk menganggarkan 10 persen dari dana APBD untuk program lingkungan dan perubahan iklim.

Direktur Eksekutif Pusat Transformasi Kebijakan Publik Santi Evelyna mengatakan selain pendekatan ekologi, pendekatan sosial, ekonomi, dan budaya kepada masyarakat sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan di suatu daerah.

"Pemerintah harus melihat permasalahan lingkungan dari perspektif masyarakat, dan menjadikan mereka bukan sebagai objek kebijakan, namun sebagai subjek bersama-sama dengan pemerintah," jelas Santi.

Penasihat Senior Pusat Transformasi Kebijakan Publik Sarwono Kusumaatmadja menambahkan Kabupaten Gorontalo bisa membuat forum pojok iklim seperti yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, untuk membahas isu lingkungan dan perubahan iklim.

Forum ini diharapkan bisa melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk pihak perusahaan yang berdampak langsung dengan isu lingkungan hidup.

Daerah lain yang sudah mengadakan forum pojok iklim yaitu Kota Malang dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016