Lombok Barat (ANTARA GORONTALO) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara menggelar rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Bersama BUMN 2017 di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Kementerian BUMN, Teddy Poernama, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Kamis, mengatakan tujuan dipilihnya KEK Mandalika Resort sebagai pusat kegiatan HUT BUMN Bersama tahun 2017 untuk menjadikan kawasan pariwisata tersebut lebih dikenal luas.

"Sebelumnya kami pernah menggelar HUT BUMN Bersama di daerah wisata lainnya, seperti Jakarta, Garut, Danau Toba, Cilacap, dan Labuhan Bajo. Sekarang kita pilih KEK Mandalika Lombok," katanya.

Puncak perayaan hari ulang tahun yang akan digelar pada 27-28 Januari 2017, akan dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, bersama 123 direktur utama perusahaan yang berada di bawah Kementerian BUMN.

Teddy mengatakan, beberapa rangkaian kegiatan yang akan digelar, di antaranya rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh direktur utama perusahaan di bawah Kementerian BUMN.

Rakor tersebut akan membahas upaya percepatan BUMN industri pariwisata di 10 destinasi wisata Indonesia yang menjadi perhatian pemerintah, di luar Pulau Bali.

Selain itu, memberikan pemberdayaan kepada kelompok masyarakat yang mengembangkan usaha ekonomi produktif di sekitar kawasan Mandalika Resort, seperti pedagang asongan dan pemilik penginapan.

Kementerian BUMN juga akan memberikan bantuan berupa pembangunan Balai Ekonomi Desa Wisata, Dusun Ende, Kabupaten Lombok Tengah.

Menteri BUMN Rini Soemarno, bersama Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi, juga dijadwalkan akan menyerahkan bantuan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) BUMN kepada sekolah berprestasi di kaki Gunung Rinjani, Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

"Nanti di Sembalun, ibu menteri juga akan menyerahkan bantuan kepada petani bawang. Itu sebagai salah satu bentuk komitmen BUMN untuk mengangkat kembali kejayaan bawang di daerah itu," ucap Teddy.

Koordinator kegiatan HUT BUMN Bersama 2017, Beny S Butar-Butar, mengatakan perayaan hari ulang tahun tersebut dirancang sebagai sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi ekonomi masyarakat Pulau Lombok, khususnya di sekitar KEK Mandalika.

"Kegiatan tersebut sebagai salah satu wujud BUMN bermanfaat untuk daerah sesuai dengan tagline BUMN Hadir untuk Negeri," katanya.

Sementara itu, Corporate Secretary Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), Yoanita Octavia Riany E, mengatakan pihaknya saat ini sedang melaksanakan proses pembangunan infrastruktur KEK Mandalika.

PT ITDC selaku BUMN pengelola lahan KEK Mandalika sudah menandatangani kerja sama proyek pembangunan kawasan wisata tersebut dengan PT Wijaya Karya (Tbk) senilai Rp138 miliar.

"Sejumlah hotel juga sudah mulai dibangun di kawasan KEK Mandalika," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017