Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kepolisian Sektor (Polsek) Bolango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, meminta agar desa-desa mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di tengah masyarakat.

"Dengan mengaktifkan siskamling, kita dapat meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan kita," ucap Kapolsek Bolango Ulu, Iptu Gustin Kasim saat pembinaan dan penyuluhan kamtibmas di Desa Mongilo, Jumat.

Kapolsek Ipti Gustin Kasim juga meminta masyarakat agar selalu membangun kekompakan serta mempererat hubungan silaturahmi.

"Dengan selalu membangun kekompakan, kita dapat menciptakan hubungan yang dilandasi dengan rasa kasih sayang, saling merangkul, bukan saling memukul," ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat juga harus mengenali dan mengetahui bahwa banyak pemicu gangguan kamtibmas, yaitu minuman keras dan perkelahian antar kampung.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ary Donny Setiawan mengatakan, kamtibmas merupakan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

"Peran aktif masyarakat untuk ikut menjaga situasi kamtibmas khususnya dilingkungan masing-masing sangatlah dibutuhkan," kata AKBP Ary Donny.

Ia menegaskan bahwa dengan mengaktifkan siskamling di lingkungan masing-masing, dapat memberikan rasa aman dari gangguan kejahatan ataupun tindak pidana.

"Tugas pokok Polri selaku pemelihara kamtibmas akan sangat terbantu dengan adanya peran aktif masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas di lingkungannya," tutup AKBP Ary Donny.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017