Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 16 gereja di Kota Gorontalo, dijaga ketat pihak kepolisian sehubungan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2013.

Kapolres Gorontalo Kota AKBP Pepen Supena Wijaya, Rabu, mengatakan, ada 16 gereja di seluruh wilayah itu yang mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian, yang masing-masing dijaga oleh 7 personil.

Dalam 7 personil anggota kepolisian itu, terdiri dari satu orang perwira dan enam orang anggota lainnya, khusus untuk pengamanan di setiap gereja.

"Kita juga dibantu beberapa personil dari dari Polda Gorontalo," kata Pepen.

Sementara itu Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Gorontalo, Brigadir Jenderal Andjaya mengatakan bahwa, pada pengamanan Natal dan Tahun Baru melalui "operasi lilin" 2013 melibatkan 2.380 personil.

Dari 2.380 orang tersebut, terdapat sejumlah unsur yakni kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, pemadam kebakaran, dan sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Sebelumnya Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli Direktorat Sabhara Polda Gorontalo, AKP Daryono Abunassir mengatakan, pihaknya sengaja melakukan sterilisasi gereja melalui patroli dialogis di dua wilayah pada Selasa (24/12), sebagai bentuk pengendalian Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Patroli tersebut kata dia, merupakan agenda tersendiri dan tidak masuk dalam bagian dari rangkaian operasi lilin yang telah berjalan.

"Hingga saat ini kami belum menemukan ancaman keamanan," kata Daryono.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013