Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Camat Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo Karim Ismail mengatakan bahwa Balai Rakyat mendukung pemerintah desa dalam peningkatan kualitas musyawarah desa yang demokratis.

"Masyarakat desa melalui Balai Rakyat bersama pemerintah desa bersama seluruh pihak bersama-sama melakukan percepatan pembangunan pelayanan sosial dasar dan pengembangan upaya ekonomi desa berbasis potensi lokal desa," jelas Karim saat sosialisasi Balai Rakyat di aula kantor Desa Lakeya, Kecamatan Tolangohula, Kamis.

Ia mengatakan, sosialisasi tentang Balai Rakyat akan dilakukan di 15 desa di daerah itu dan Desa Lakeya merupakan desa ke 10.

"Pada kegiatan ini juga kami melakukan pembentukan pengurus Balai Rakyat di masing-masing desa," tutup Karim Ismail.

Sementara itu, ditempat yang sama, fasilitator Generasi Sehat dan Cerda (GSC) Kabupaten Gorontalo, Husin Ahmad menjelaskan Balai Rakyat selaku lembaga masyarakat desa yang berfungsi sebagai pelaksana UU Desa, konsisten terhadap semangat dan `legal drafting` UU Desa yang dijabarkan dalam berbagai produk kebijakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDDT).

"Ini merupakan inisiasi kelembagaan mayarakat yang ditujukan sebagai konsolidasi komitmen dan rencana aksi seluruh penggerak masyarakat desa dalam membangun berlandaskan UU Desa, dalam kerangka pelaksanaan agenda Nawa Cita, membangun Indonesia dari pinggiran," ungkap Husin.

Husin menambahkan pembangunan desa secara berkelanjutan membutuhkan waktu yang panjang untuk mencapai sembilan tujuan UU Desa dengan dukungan instrumen bantu kendali manajerial pembangunan, berupa Indeks Desa Membangun serta instrumen fasilitasi koordinasi rencana aksi percepatan pembangunan kemandirian desa yang terintegrasi melalui GSC bagi capaian sasaran jangka menengah Agenda Nawa Cita tiga tahun 2015-2019 bagi pengentasan 5.000 desa tertinggal dan menambah 2.000 desa mandiri.

Peserta sosialisasi Balai Rakyat itu diikuti oleh Pengurus Balai Rakyat Desa Lakeya, BPD dan LPM Lakeya, pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat serta masyarakat Desa Lakeya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Tolangohula Ikram Hurudji, Kepala Desa Lakeya Iwan Lamusi, Fasilitator GSC Kecamatan Tolangohula Ichin Sulingo serta Pendamping Desa se Kecamatan Tolangohula.


Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017