Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membantu ratusan nelayan di wilayah pesisir utara, dengan menyerahkan ratusan alat pelampung guna mengantisipasi cuaca ekstrim yang sering terjadi di laut.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin menjelaskan banyak nelayan di daerahnya hilang karena diterpa cuaca ekstrim saat melaut, dan saat ditemukan nelayan tersebut sudah tidak bernyawa lagi.

"Makanya kami berpikir keras agar bagaimana pemerintah berupaya memikirkan keselamatan para nelayan, dan memberikan rasa tenang kepada keluarga yang ditinggalkan," kata Indra, Rabu.

Menurutnya wajar jika masyarakat pesisir Gorontalo Utara, khususnya yang berprofesi sebagai nelayan mendapat banyak bantuan dari pemerintah, karena memang panjang pantai di daerahnya sekitar 317 Kilometer.

"Dan panjang pantai di Gorontalo Utara adalah pantai terpanjang yang dimiliki dibandingkan kabupaten lain di Provinsi Gorontalo, jadi wajar jika para nelayan di sini banyak dapat bantuan," jelasnya.

Bupati juga menambahkan bahwa pemerintah kabupaten Gorontalo Utara melalui Dinas Kelutan dan Perikanan akan terus menganggarkan bantuan alat pelampung bagi nelayan.

Selain itu, Bupati juga berterimakasi kepada Roem Kono selaku wakil rakyat di Komisi V DPR-RI, yang mitra kerjanya berkaitan dengan Badan SAR Nasional, atas upaya mengawal serta mendapatkan bantuan untuk masyarakat
Gorontalo Utara.

"Sehingga alat pelampung yang diadakan melalui dinas terkait akan menyatu dengan bantuan yang diperjuangkan di pusat, baik melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan serta melalui Badan SAR Nasional," tutur Indra.

Ia menambahkan, selain bantuan alat pelampung, pemerintah juga telah membangun dan sudah meresmikan sekitar 102 unit rumah khusus bagi para nelayan, dan tahun 2017 ini akan ketambahan lagi 80 unit rumah.

Sementara itu anggota DPR RI Roem Kono menjelaskan apa yang dilakukanya terhadap sejumlah bantuan di Gorontalo utara, sudah merupakah tugas dan tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat yang ada di pusat.

"Saya harus betul-betul mengingat daerah saya sendiri, dan saya harus berbuat sesuatu untuk Gorontalo dengan memanfaatkan ruang kebijakan politik di pusat,"kata Roem Kono.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017