Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menerima bantuan kapal dari Basarnas KN Sar Samba 226 guna mempercepat pertolongan dampak bencana yang terjadi di wilayah itu.

"Pemerintah kabupaten sangat mensyukuri bantuan ini, apalagi daerah ini tergolong rawan bencana sehingga fasilitas tersebut sangat diperlukan," kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin seusai menerima bantuan itu di Pelabuhan Kwandang, Gorontalo, Kamis.

Bupati Indra Yasin memberikan apresiasi kepada Basarnas provinsi yang memberikan perhatian besar dalam penanganan tiap kali bencana melanda wilayah ini.

"Kerja sama pemerintah kabupaten dengan Basarnas Provinsi Gorontalo selama ini terjalin dengan baik," katanya.

Keberadaan pos Basarnas di kabupaten ini pun sangat membantu terkait keberhasilan melakukan pencarian dan pertolongan terhadap nelayan hanyut di wilayah barat perairan ini.

Termasuk upaya evakuasi masyarakat terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pada 22 Februari lalu.

Panjang garis pantai di kabupaten ini mencapai 317 kilometer, kata Indra kondisi ini sangat memungkinkan memerlukan fasilitas pendukung, seperti armada kapal cepat maupun kapal berkekuatan di atas 30 Gross Ton (GT) dalam upaya penanganan terkait tanggap darurat bencana alam.

"Pemerintah kabupaten sangat bersyukur mendapatkan bantuan ini, jika perlu jumlahnya bisa ditingkatkan melalui upaya pengajuan permohonan bantuan ke pemerintah pusat," kata Indra.

Kegiatan penyerahan kapal Basarnas itu, juga dihadiri anggota DPR RI Komisi V daerah pemilihan Gorontalo, Roem Kono bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan daerah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017