Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou sangat berharap petani-petani di daerah itu mendapatkan akses permodalan dengan mudah, baik dari perbankan maupun pihak swasta.

"Peran perbankan untuk menunjang sektor riil cukup luas, sehingga Pemkab Bone Bolango sangat berharap dukungan perbankan bagi petani di daerah," kata bupati.

Sebelumnya, Pemkab Bone Bolango melakukan kerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo untuk pengembangan klaster beras di kabupaten itu.

Kata Bupati bahwa pihaknya ingin melalui kerja sama dengan Bank Indonesia, para petani di Bone Bolango bisa mendapatkan akses permodalan yang mudah, murah dan sederhana.

"Kalau mereka bisa berkomunikasi dengan baik dengan bank, didanai dan dimodali oleh bank, tentu ini akan mengurangi praktek-praktek ijon, atau praktek-praktek mereka berhubungan dengan perbankan gelap," ujar Bupati.

Dengan demikian, para petani bisa meningkatkan produktivitas padi atau beras mereka menjadi lebih baik. Malah kalau produktivitas padi maupun beras naik tentu akan meningkatkan pendapatan para petani.

Lanjut Bupati, pengembangan klaster beras ini sangat bagus, apalagi bagi petani di Bone Bolango.

Sebelumnya bupati mengimbau semua pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah, penyuluh hingga petani harus kompak untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian, baik itu padi, jagung dan sebagainya.

Pentingnya peningkatan produktivitas pertanian guna memenuhi permintaan pasar dan upaya menggerakkan perekonomian warga.

"Tentunya dengan naiknya produksi padi akan berdampak pada pendapatan masyarakat," tegasnya lagi.  (Adv/*)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017