Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan mengembangkan wisata kepulauan berkarakter yang akan menunjang pengembangan pariwisata di daerah itu.

Hal itu diungkap Wakil Bupati Roni Imran, Minggu di Gorontalo, usai membuka penyelenggaraan Festival Bahari 2017 di Desa Pasalae, Kecamatan Gentuma Raya, yang diinisiasi Dinas Pariwisata setempat.

Menurut Wakil Bupati, wisata kepulauan berkarakter artinya, pemkab akan merancang wisata pulau sesuai karakter masing-masing pulau itu sendiri.

Seperti Pulau Dokokayu yang berada tepat di depan Pelabuhan Pendaratan Ikan Gentuma, dinilai paling cocok dibangun fasilitas rumah makan atau cottage singgah.

Mengingat jaraknya cukup dekat dengan daratan, sehingga sangat mudah dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun wisatawan dari beragam daerah di Indonesia maupun wisatawan manca negara.

Tidak hanya Dokokayu, 51 pulau lainnya dari 52 pulau cantik yang dimiliki daerah ini pun rencananya akan dikembangkan sesuai karakter masing-masing, seperti Pulau Saronde yang sudah mendunia, sangat tepat dikembangkan sebagai lokasi menyelam.

Keindahan bawah laut dan karakter pantai di Pulau Saronde kata Wakil Bupati, sangat cocok dinikmati saat menyelam. "Karakter-karakter yang dimiliki setiap pulau akan dikembangkan dan dipopulerkan, agar jumlah wisatawan ke daerah ini terus meningkat," ujar Wakil Bupati.

Pemkab pun kata dia, akan membangun infrastruktur yang baik untuk memudahkan akses transportasi menuju objek wisata pulau yang tersebar dari wilayah timur hingga barat di perairan ini.

Pembukaan Festival Bahari 2017 tersebut berlangsung di Pantai Pasalae, dihadiri unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), aparatur desa di Kecamatan Gentuma Raya dan Atinggola, serta ribuan masyarakat baik dari daerah ini maupun dari Provinsi Gorontalo, termasuk para wisatawan manca negara diantaranya dari Swiss, Spanyol dan Perancis.

Pihak Dinas Pariwisata setempat, Ramdin Montu mengaku, festival digelar untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di daerah ini, termasuk memperkenalkan Pulau Dokokayu sebagai salah satu objek wisata pulau yang dimiliki.

Kegiatan tersebut diwarnai dengan lomba renang pantai yang diikuti para remaja di daerah ini, serta lomba perahu hias dan beragam lomba menarik lainnya yang melibatkan langsung masyarakat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017