Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja (KK) bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Gorontalo menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan IVA/Pap Smear di gedung Bele Li Mbui, Kota Gorontalo, Selasa.

Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/ Pap Smear adalah salah satu bentuk program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks.

Melalui kerja sama dengan OASE Kabinet Kerja dan Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan pun siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

Kepala Cabang BPJS Provinsi Gorontalo, Muhamad Aras, mengimbau agar masyarakat bisa memeriksakan diri sedini mungkin, agar kanker serviks bisa dideteksi dan diobati dengan cepat.

"Jika masyarakat membutuhkan penanganan lanjutan usai menjalani pemeriksaan, maka akan dirujuk sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris mengatakan, layanan pemeriksaan IVA/ Pap Smear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya.

"Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku," katanya.

Kegiatan Kunjungan Kerja Rugaiyah Usman Wiranto dari OASE-KK yang bertemakan "Meningkatkan Kesadaran Peremupan Indonesia Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara" dilaksanakan di Provinsi Gorontalo dengan delapan titik pelayanan.

Yaitu di Gedung Bele Li Mbui, Klinik Annisa, Klinik Ademimi Kabupaten Bonebolango, Puskesmas Molingkapoto Kabupaten Gorontalo Utara, Puskesmas Tilamuta Kabupaten Boalemo.

Puskesmas Marisa Kabupaten Pohuwato, Puskesmas Limboto Barat dan Puskesmas Telaga Kabupaten Gorontalo dengan target peserta sebanyak 1.000 orang.

"Saya berharap, semua perempuan sadar, jangan takut, ragu dan malu dan mau untuk datang ke tempat pemeriksaan dini kanker serviks," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati, apalagi jika sudah parah dan penyakit tersebut beresiko kematian.

OASE-KK merupakan sebuah perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif lain yang dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang memiliki serangkaian program untuk mendukung tercapainya Nawacita Presiden Joko Widodo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017