Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Benny Bena mengatakan bahwa Duta Generasi Berencana (GenRe) merupakan konselor bagi komunitas remaja.

"Duta yang terpilih tidak gampang, karena harus dapat memiliki kemampuan untuk mewakili dirinya, remaja secara keseluruhan dari daerah itu," kata Benny saat berada di Gorontalo, Jumat.

Duta GenRe terpilih melalui pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) yang digelar di tiap Provinsi di Indonesia.

"Dinamisasi pemilihan Duta GenRe tahun ini benar-benar diarahkan sedemikian rupa untuk mendapatkan kualitas duta yang representatif mewakili remaja secara keseluruhan," katanya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan itu adalah meningkatkan sosialisasi promosi Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui program GenRe di kalangan remaja agar memiliki sikap, pengetahuan dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Selain itu dengan adanya program tersebut, diharapkan dapat menambah luas jejaring kemitraan dan pemangku kepentingan terhadap program GenRe dan KKBPK melalui Duta GenRe.

Sebanyak 40 peserta terpilih menjadi finalis pemilihan Duta GenRe Provinsi Gorontalo yang merupakan program dari Perwakilan BKKBN Gorontalo.

Seluruh finalis terdiri dari 20 putra dan 20 putri yang merupakan hasil seleksi dari 192 pendaftar.

Tujuan dari pelaksanaan pemilihan Duta GenRe adalah meningkatkan sosialisasi promosi program melalui program GenRe di kalangan remaja agar memiliki sikap, pengetahuan dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Remaja yang dapat menjadi peserta adalah mereka yang berada di umur 16-22 tahun sesuai dengan juknis nasional.

Duta GenRe terpilih akan menjadi mitra BKKBN yang bertugas menjadi panutan bagi remaja lainnya. Selain itu diharapkan mampu menyebarluaskan informasi kesehatan reproduksi remaja, narkoba dan bahaya HIV/AIDS.

Duta GenRe yang terpilih nanti diharapkan dapat mewakili Gorontalo ke ajang yang sama tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan September 2017.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017