Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo siap memberikan rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di daerah tersebut.

Kapolda Gorontalo, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi, Rachmad Fudail, Minggu, mengatakan, tempat wisata perlu adanya pengamanan secara optimal.

"Dari Polri, kita memiliki Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pam obvit) yang melakukan pengamanan di objek vital termasuk objek wisata," kata Kapolda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Ary Donny Setiawan menambahkan, Gorontalo memiliki lokasi wisata yang cukup banyak, dan setiap hari libur selalu ramai dikunjungi wisatawan.

"Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), pengelola wisata agar melakukan koordinasi dengan Polres atau Polsek setempat," katanya.

Menurut Ary Donny, sangat rawan terjadi tindak kejahatan saat hari libur, karena tempat wisata sedang ramai.

"Hal yang rawan terjadi yaitu pencopetan, panganiayaan, pencurian dengan perampasan serta tindak kejahatan lainnya," ia menjelaskan.

Ary Donny juga meminta agar pengelola objek wisata untuk memastikan keamanan dan kelaian setiap wahana wisata, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan wisatawan.

"Sedangkan untuk masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata, agar tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga keamanan diri dan keluarga serta menjaga kebersihan objek wisata yang dikunjungi," kata Ary Donny, lagi.

Hal itu harus dilakukan agar objek wisata di Provinsi Gorontalo memiliki nilai jual dan untuk menjaga objek wisata tersebut tetap indah dan lestari.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017