Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango, Provinsi Gotintalo, mengajak para imam masjid dan tokoh agama untuk mengampanyekan antinarkoba kepada masyarakat luas.

Kepala BNNK Bone Bolango Abdul Haris Pakaya mengatakan di Gorontali, Minggu, "masyarakat luas yang terdiri dari berbagai elemen dan kelompok jelas menjadi pasar yang disasar sindikat narkoba.

Menurutnya sesungguhnya masyarakat memiliki kemampuan dan potensi untuk melindungi diri, serta melakukan upaya pencegahan masuknya narkoba ke dalam komunitas.

Namun, masyarakat harus fokus dengan target dan diperlukan pembentukan jejaring berbasis kemasyarakatan yang mampu menangkal segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Salah satu jejaring berbasis kemasyarakatan yang dirasa cukup efektif dan komprehensif adalah jejaring berbasiskan moral, agama, kerukunan dan saling pengertian. Para imam masjid yang memegang dua peran sekaligus, yakni sebagai tokoh agama sekaligus tokoh masyarakat," jelasnya.

Ia menilai para imam masjid memiliki kompetensi menyebarkan informasi pesan-pesan anti narkoba, dengan keimanan dan ketakwaan sebagai salah satu benteng yang kokoh untuk melindungi masyarakat dari bahaya narkoba.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango Suleman Tongkonoo mengatakan fungsi ulama adalah sebagai pewaris dan pemelihara nilai-nilai kebaikan sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Suleman mengingatkan tugas ulama adalah menyuruh umat berbuat baik dan mencegah kemungkaran.

Ia menjelaskan berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan Profesor Quraish Shihab, tugas mencegah kemungkaran diperintahkan Allah SWT sebanyak 99 persen, sementara menyuruh berbuat baik satu persen saja.

"Ini berarti, Allah lebih menganjurkan kita untuk mencegah perbuatan buruk, salah satunya mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," tukasnya.

Suleman mengatakan, seseorang yang sedang berbuat jahat tidak mungkin langsung disuruh berbuat baik seperti shalat, puasa dan ibadah lainnya, melainkan harus diberi kesempatan untuk sadar dulu atau direhabilitasi agar dapat dibimbing menuju kebaikan.

Kantor Kementerian Agama dan BNNK Bone Bolango berencana bekerja sama menyusun ceramah agama bermuatan anti narkoba, dan memasang spanduk di masjid-masjid dengan pesan-pesan kampanye anti narkoba.

Pewarta: Debby Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017