Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meresmikan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Desa Tabongo Timur untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat, Minggu.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Nelson Pomalingo.

Bupati mengatakan, pemenuhan sarana prasarana kesehatan seperti Poskesdes merupakan upaya Pemkab Gorontalo demi mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Hal ini juga tak lepas dari sejumlah masalah kesehatan yang ada di daerah ini," kata Nelson.

Belum lagi angka kematian ibu dan anak masih tetap tinggi. Kemudian mengenai gizi buruk masih ada kurang lebih 70 orang di seluruh Gorontalo. Karena itu dibutuhkan pusat kesehatan seperti Poskesdes.

"Dengan fasilitas ini, masyarakat di sini tak perlu susah �susah menjangkau layanan kesehatan yang berada jauh dari desa, karena pemerintah telah mendekatkan pelayanan untuk warga Tabongo Timur," kata dia.

Nelson juga berharap Poskesdes tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat desa.

Sementara itu, Kades Tabongo Timur menambahkan, Pembangunan Poskesdes dianggarkan melalui dana desa pada tahun 2016, kurang lebih Rp149 juta.

Disamping juga ada perkembngan pekerjaan dana desa, yakni pembangunan gedung TK yang anggarannya kurang lebih Rp181 juta.

"Alhamdulillah saat ini sudah diprioritaskan dan sudah 60 persen pengerjaannya," katanya.

Ia mengungkapkan, ini bentuk dukungan Pemerintah Desa Tabongo Timur dalam rangka menyuskseskan visi-misi program Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo terkait bidang kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017