Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, memfasilitasi 30 perajin gula aren atau gula merah, di Kecamatan Bulango Ulu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Bone Bolango, Basir Noho, Jumat, mengatakan, para perajin di fasilitasi dengan sejumlah peralatan modern.

"Kita revitalisasi rumah produksi aren agar sesuai dengan standar keamanan pangan dan higienisnya," kata Basir.

Sebelum difalisitasi oleh pemerintah setempat, para perajin gula aren Bulango Ulu masih melakukan proses produksi secara tradisonal.

Bahkan pemerintah setempat telah membuat Unit Pengelola Terpadu Aren yang dilengkapi dengan gedung bahan baku, produksi, promosi serta pengemasan produk.

"Unit Pengelola Terpadu tersebut sebagai administrator sentra IKM aren, dan bahkan kedepan akan kita integrasikan dengan pariwisata." ujar Basir.

Ia juga mengungkapkan, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou telah memperkenalkan produk gula aren Bulango Ulu dan varian kopi Pinogu Gabulu hingga ke Belanda dan Turki.

"Untuk harga jual gula aren Bolango Ulu, dipatok Rp10.000 per 200 gram dengan menggunakan kemasan alumunium foil," ia menambahkan.

Selain untuk gula aren, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Bone Bolango juga akan mengembangkan produk berbahan dasar pohon aren menjadi gula cair, sagu, gula cokelat dan sapu ijuk.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017