Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Fory Naway, mengatakan peran keluarga sangat penting dalam menumbuhkan dan membentuk karakter serta prestasi anak.

"Anak adalah individu yang unik dan mereka belum memiliki sejarah masa lalu yang setiap saat direnungkan, maka di sinilah peran orang tua yang memiliki pengalaman hidup untuk membimbing dan mendidik anaknya," ujar Fory, Senin.

Ia mengajak para orang tua untuk mengasuh anak, menjaga kesehatan anak, berkomunikasi serta memberikan waktu bermain untuk anak.

Mengenai pendidikan, Fory mengimbau orang tua untuk menyekolahkan anak mereka, memberikan pendidikan dalam keluarga, terkait sopan santun, cara bersosialisasi, mental serta agama.

Orang tua juga diminta untuk memberikan kesempatan pada anak dalam mengembangkan diri dan berpendapat sesuai usia anak.

"Sejak dini ajarkan anak secara bijak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, orang tua adalah contoh bagi perilaku anak," ia menjelaskan.

Seminar itu kata Fory, merupakan media kehadiran pemerintah terhadap pendidikan keluarga dan anak usia dini. pada seminar itu juga banyak diperoleh informasi baru yang dapat menggerakan elemen PKK selaku mitra Pemerintah Daerah dalam rangka mempercepat pendidikan usia dini.

Sementara itu, Sekretaris PKK Kabupaten Gorontalo, Seska Uno menambahkan, seminar itu merupakan kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja( OASE) dan Tim Penggerak PKK.

"Tema seminar ini yaitu "Peningkatan Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Karakter dan Budaya Prestasi Anak"," ujar Seska.

Sebanyak 406 perwakilan Tim Penggerak PKK dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota di seluruh indonesia turut berpartisipasi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017