Gorontalo, (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, sangat mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) selama bulan Ramadhan, yang berlangsung di seluruh kecamatan secara bergilir.

"Intensitas pelaksanaan MTQ sangat mendukung penuntasan buta huruf Al Qur`an di daerah ini," ujar Bupati Indra Yasin, Sabtu di Gorontalo.

Menurut dia, MTQ merupakan sarana paling efektif untuk membangkitkan semangat generasi muda Islam di daerah ini untuk mencintai Al Qur`an.

Sebab mereka termotivasi melalui perlombaan yang digelar, didukung pelaksanaan pagelaran kesenian Islami yang diperagakan langsung para pelajar di seluruh tingkatan di setiap kecamatan.

Seperti yang dilakukan di Kecamatan Atinggola atau wilayah timur kabupaten ini, pemkab melalui Kementerian Agama (Kemenag) setempat berhasil mewisuda 176 santri yang dinyatakan telah lulus baca tulis Al Qur`an.

Khusus peserta MTQ dengan berbagai jenis perlombaan, diantaranya baca tulis dan hafalan Al Qur`an merupakan para juara pada lomba yang sama di tingkat desa.

Pemkab berharap, peningkatan sumber daya manusia berkualitas dan beriman akan semakin terwujud seiring intensitas pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti MTQ, yang juga mencari para sumber daya terbaik untuk diutus mengharumkan nama daerah pada ajang yang sama di tingkat provinsi maupun nasional.

Target 5 ribu pelajar di daerah ini kata Bupati Indra, akan tuntas baca tulis Al Qur`an hingga tahun 2018 mendatang.

MTQ tingkat kabupaten yang dipelopori pemerintah kecamatan di masing-masing wilayah sudah berlangsung di Kecamatan Tolinggula, Biawu, Kwandang, Sumalata Timur dan Atinggola, masih ada 6 kecamatan lagi yang akan melaksanakannya selama bulan ramadhan 1438 hijriyah ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017