Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gorontalo mempermudah prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang mudik.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan cabang Gorontalo, Muhammad Aras, di Gorontalo, Kamis, mengatakan hal itu sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana," katanya.

Karena itu, dia mengimbau agar peserta JKN-KIS yang sedang mudik untuk selalu membawa kartu JKN-KIS, kartu BPJS Kesehatan, kartu Askes dan Jamkesmas.

"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Jika dalam kondisi darurat dan non darurat, dapat langsung mendatangi IGD rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," kata dia.

Pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif.

Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017.

"Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang dapat di unduh secara gratis di `playsotre` untuk perangkat android," kata dia.

Aplikasi itu menyediakan nomer telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab, info, tips, lokasi penting serta media sosial BPJS Kesehatan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017