Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengoptimalkan pelayanan jelang libur panjang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Kepala Disdukcapil setempat, Kardiyat Tomayahu, Selasa di Gorontalo mengatakan, ia meyakini meskipun akan libur panjang namun pemohon pengurusan administrasi kependudukan di daerah ini tidak akan membludak.

Pasalnya kata Kardiyat, saat ini tuntas administrasi kependudukan khususnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik sudah mencapai 92 persen.

Namun begitu, antisipasi berupa penambahan petugas di bagian pelayanan akan dilakukan, termasuk peningkatan pelayanan secara bergerak "mobile".

Mulai tanggal 3 Juli 2017, pelayanan administrasi kependudukan kata Kardiyat, tidak hanya terfokus di kantor Disdukcapil yang ada di lokasi perkantoran blok plan Molingkapoto, namun dilakukan langsung di desa-desa.

Khusus petugas perekaman KTP elektronik, akan turun mendatangi rumah-rumah penduduk khususnya di wilayah perbukitan, seberang sungai maupun pemukiman yang sulit dijangkau kendaraan bermotor.

Pelayanan langsung tersebut untuk mendukung program "Desa Tuntas Administrasi Dokumen Kependudukan".

Kardiyat memastikan, pelayanan administrasi kependudukan di daerah ini tetap berjalan lancar meskipun libur aparatur pemerintah daerah akan dijalankan cukup panjang sejak 23 Juni-2 Juli 2017.

Data kependudukan di daerah ini hingga Mei 2017 mencatat, tuntas KTP elektronik mencapai 92 persen, tuntas akta kelahiran 79,4 persen, sedangkan capaian penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) sejak dibuka pelayanannya sepanjang Mei-Juni 2017 ini, sudah mencapai 162 keping KIA.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017