Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pembuatan jalan tipe rabat beton di Desa Tulabolo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99, membuka akses pengembangan ekonomi masyarakat sekitar.

Hal itu diungkapkan oleh Camat Suwawa Timur, Maxmilian Ali, bahwa dengan besarnya sumber daya alam yang dimiliki oleh daerah itu, pembuatan jalan dapat membuka akses sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

"Dengan dibuatnya jalan sebagai akses transportasi, semua hasil sumber daya alam dari daerah ini dapat dipasarkan hingga ke ibu kota Provinsi Gorontalo," katanya, Selasa.

Ia menjelaskan, jalan tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat, karena saat ini jalan dari ibukota kecamatan ke Desa Tulabolo sangat berlumpur, bahkan motor tidak dapat melintas saat hujan.

"Dengan adanya kerjasama Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan TNI melalui program TMMD bersama masyarakat membangun jalan yang menghubungkan kecamatan Suwawa Timur dan Kecamatan Pinogu," ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Kompi SSK TMMD di Bone Bolango, Kapten Inf Basran, mengatakan bahwa tim Satuan Tugas (satgas) akan membangun jalan rabat beton sepanjang 1.700 meter mulai dari Desa Tulabolo hingga ke Desa Tulabolo Timur.

"Masyarakat juga sangat antusias dengan adanya TMMD ini, karena salah satunya bertujuan agar masyarakat dapat menggunakan akses jalan agar lancar," ia mengungkapkan.

Saat ini kata Kapten Basran, sejumlah titik jalan sudah dilakukan penimbunan dengan material tanah, karena tidak dapat dilewati oleh kendaraan.

"Jalannya sangat parah karena becek dan berlumpur, oleh karena kita timbun dulu agar alat berat dan truk yang kita seberangkan dengan menggunakan rakit melintasi sungai, bisa kita lokasi ini dapat melintas dengan membawa bahan material," ia menambahkan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017