Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo menggelar lomba masak ikan nusantara, menuju istana negara di Gedung Olah Raga (GOR) David-Tonny, Selasa.

Haris Tome, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan kerja sama antara Femina Group dan Kantor Staf Kepresidenan.

"Setelah dari lomba di tingkat daerah, tiga peserta akan menuju babak selanjutnya di Jakarta dan setelah diseleksi lagi dan pemenangnya akan memasak di istana negara untuk disajikan kepada Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus nanti," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada lomba ini para peserta memasak masakan khas daerah Gorontalo berbahan dasar ikan, yaitu Bilanthango.

"Hingga hari ini 22 peserta telah mendaftar dari Kabupaten Boalemo, Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan bahkan dari daerah Palu, Sulawesi Tengah," ungkapnya.

Sementara itu, Krisma Albanjar, staf khusus, Kepala Staf Kepresidenan di Gorontalo mengatakan, Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan ikan.

"Untuk itulah, yang paling tepat adalah makanan berbasis ikan, dan di setiap daerah memiliki berbagai macam makanan berbahan ikan, seperti di Gorontalo, yang memiliki banyak makanan berbahan dasar ikan," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya ingin untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat sehat dan gemar makan ikan.

"Dengan adanya lomba seperti ini, masyarakat dapat mengembangkan berbagai ragam jenis masakan yang mereka bisa hadirkan untuk keluarga, dan juga kuliner lokal dapat menjadi makanan andalan untuk pariwisata," katanya, lagi.

Menurutnya kuliner khas daerah dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk dapat mengunjungi daerah tersebut.


Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017