Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) "Otonomi Expo International Trade Tourism and Investment" di Jakarta, Rabu.

Nelson menjelaskan kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut mengusung tema "Budidaya Semangat Pengusaha Daerah dalam Menghadapi Persaingan Global".

"Kegiatan Apkasi Otonomi Expo sangat bagus. Apkasi Otonomi Expo 2017 atau Perdagangan, Wisatawan dan Investasi adalah acara pameran tahunan Apkasi," kata Bupati.

Menurutnya, hal itu adalah upaya Apkasi untuk mendukung program pemerintah Indonesia meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan melalui perdagangan dan investasi.

Selain pameran dan pencocokan bisnis, acara tahunan itu juga akan menggelar `workshop` peningkatan kapasitas terkait strategi bagaimana meningkatkan perdagangan dan investasi. Semua topik yang terbawa dalam workshop akan didasarkan pada Kebutuhan daerah dan pengusaha.

"Dengan pembicara yang memiliki kapasitas di bidangnya, workshop ini akan menjadi nilai tambah bagi peserta dan pengusaha yang terlibat dalam Apkasi Otonomi Expo 2017," ujar Nelson.

Dengan hadirnya ribuan pengunjung baik dari pengusaha dan investor lokal maupun luar negeri, Apkasi Otonomi Expo 2017 diharapkan menjadi sarana strategis bagi peserta untuk mendapatkan akses perdagangan dan investasi.

"Demikian juga pengusaha dapat mengakses dan memanfaatkan peluang bisnis di seluruh wilayah di seluruh Indonesia secara efektif dan efisien, termasuk ke daerah kita di Kabupaten Gorontalo melalui serangkaian kegiatan yang dirancang di Apkasi Otonomi Expo 2017," ungkap Nelson.

Kegiatan itu diikuti oleh pemerintah kabupaten, pemerintah kota, pemerintah provinsi, kementerian, Lembaga negara non-menteri, badan usaha milik negara.

Selain itu juga diikuti oleh lembaga donor, perusahaan swasta nasional dan multinasional, atase perdagangan luar negeri dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017