Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pasokan gas elpiji di wilayah Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo berlangsung lancar, dalam sepekan dua kali pengisian gas elpiji 3 kilogram, dilakukan pihak agen di dermaga Pelabuhan Kwandang.

Camat Kecamatan Ponelo Kepulauan, Ayuba Thalib, Jumat di Gorontalo, mengatakan, pengisian dilakukan di dermaga Pelabuhan Kwandang agar seluruh pangkalan tidak kesulitan melakukan pengangkutan tabung dari pulau ke darat maupun sebaliknya.

Disamping itu, bisa memudahkan masyarakat yang memilih membeli atau melakukan pengisian langsung.

Sejak lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017 hingga saat ini kata Ayuba, pasokan gas elpiji 3 kilogram berlangsung lancar, stok tabung aman dan masyarakat tidak kesulitan mendapatkan bahan bakar bersubsidi ini.

Harga jual gas elpiji 3 kilogram di wilayah Ponelo Kepulauan mencapai Rp23.000, memang harganya berbeda dengan wilayah daratan seperti di Kecamatan Kwandang yang berkisar Rp18.500-Rp19.000 per tabung.

"Mengingat pihak pangkalan harus mengeluarkan biaya transportasi taksi laut untuk pengisian di Pelabuhan Kwandang," ujarnya.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah setempat, Ahyun Blongkod mengatakan, tidak ada kenaikan harga gas elpiji bersubsidi di daerah ini, pasokannya pun lancar dan normal.

Untuk wilayah Kecamatan Kwandang dan Anggrek mencapai Rp20.000 per tabung, wilayah Tomilito, Atinggola, Gentuma, Monano dijual seharga Rp21.000 per tabung dan wilayah Kepulauan Ponelo serta bagian barat Kecamatan Tolinggula, Biawu dan Sumalata Rp23.000 per tabung.

Pihaknya terus memantau distribusi gas elpiji sejak awal Juni hingga saat ini kata Ahyun, dimana pasokan pengisiannya lancar ke seluruh pangkalan.

Khusus kabupaten ini kata Ahyun, ada dua distributor yang menyalurkan 2.457 metrik ton per bulan, sebanyak dua kali dalam seminggu, untuk 32 pangkalan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017