Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo membentuk relawan "Laskar 65" yang bertugas membantu penanganan kebakaran.

Laskar 65 yang beranggotakan 25 orang tersebut adalah kelompok tenaga relawan pemadam kebakaran yang direkrut dari masyarakat.

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Doni Lahatie di Gorontalo, Minggu, mengatakan Laskar 65 akan berada di lima daerah, dimana masing-masing daerah akan ada lima anggota Laskar 65.

"Lima daerah itu adalah, Kecamatan Boliyohuto, Tolangohula, Mootilango, Bilato dan Asparaga," ia menjelaskan.

Ia mengungkapkan bahwa tugas dari Laskar 65 adalah memberikan informasi kejadian kebakaran kepada UPT pemadam kebakaran, memberikan informasi jalur tercepat dalam penanganan kebakaran, sehingga petugas damkar dapat lebih cepat sampai ke lokasi kebakaran.

"Mereka juga bertugas mengamankan jalur ke lokasi untuk masuk ketempat kejadian yang terhambat oleh masyarakat yang berkelompok di lokasi kejadian," ujarnya.

Selain itu para relawan tersebut akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran sejak dini.

"Relawan Laskar 65 ini menjadi `counter partner` BPBD dan Pemadam Kebakarn dalam pencegahan bencana kebakaran," katanya menambahkan.

Pada kegiatan itu juga, BPBD unit Pemadam Kebakaran menggelar sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran yang diikuti oleh masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017