Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Tiga perwakilan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, yang menjadi finalis Lomba Masak Ikan Nusantara, terpilih untuk memasak makanan bagi Presiden Joko widodo dan pejabat negara lainnya, di Istana Negara.

Ketiga juru masak perwakilan Kabupaten Gorontalo yang memasak di Istana Negara yaitu Non Lahibu, Anita Attu dan Narti Buo. Sementara Narti Buo merupakan juara III pada Lomba Masak Nusantara tersebut.

Ketua panitia Lomba Masak Ikan Nusantara tingkat Kabupaten Gorontalo, Fory Naway yang mendampingi ketiga juru masak tersebut saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa, mengatakan sangat bangga karena dapat membawa Kabupaten Gorontalo melalui kuliner khas daerah hingga ke tingkat nasional.

"Awalnya hanya tiga besar pemenang lomba yang akan memasak, namun Presiden Joko Widodo meminta agar 10 finalis ditampilkan dan memasak," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Fory menjelaskan, menu makanan dari Kabupaten Gorontalo yaitu "Kerapu Saus Tiram" yang dimasak bersama pisang jenis "goroho" dicicipi langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Ini merupakan kesempatan yang luar biasa, dan lomba masak tingkat nasional yang digelar di Kabupaten Gorontalo merupakan hasil dari pertemuan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dimana pelaksanaannya melibatkan berbagai pihak" ungkap Fory.

Sementara itu, Narti Buo mengatakan keberhasilannya meraih juara III pada Lomba Masak Ikan Nusantara itu merupakan upaya dari PKK Kabupaten Gorontalo dalam mendorong peran perempuan untuk membudayakan gemar makan ikan di lingkungan keluarga.

"Apalagi ikan memiliki kandungan yang baik untuk mencukupo asupan gizi anak dan keluarga," tambah narti.

Tiga pemenang utama pada Lomba Masak Ikan Nusantara, akan kembali memasak di Istana Negara pada perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017