Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo saat ini fokus pada program peningkatan dan pemerataan ekonomi masyarakat, dengan terus menggerakan berbagai sektor unggulannya.

Menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Presiden Jokowi sudah berulang kali menyampaikan kepada jajaran kepala daerah, baik lewat rapat terbatas maupun kegiatan lainnya, untuk mengubah pola pikir dalam membangun daerah.

"Saya selaku Gubernur juga tentu fokus dalam pemerataan ekonomi, misalnya dalam suatu daerah unggulanya apa, dan apa yang harus ditangani oleh pemerintah. Di situlah kita fokus pada apa yang menjadi unggulannya," kata Rusli, Kamis.

Dijelaskan, persoalan dan kebutuhan daerah tentu berbeda-beda, termasuk persoalan yang ada di Gorontalo.

Ia menambahkan, sudah 72 tahun Indonesia meredeka, masih saja ada masyarakat yang belum punya listrik, akses jalan masih rusak, kurangnya fasilitas sanitasi di masyarakat, dan masih banyak lagi.

"Sehingga pada tahun 2018 nanti, sesuai arahan Presiden kita akan fokus pemerataan, dulunya pola pikir kita "Uang mengikuti Fungsi, tapi sekarang Uang mengikuti Program," ujarnya.

Untuk fokus program tahun 2018 contohnya, di bidang perikanan kelautan, dilihat apa kebutuhan masyarakat di suatu wilayah, itu yang dipenuhi dulu hingga benar-benar tuntas.

Begitu juga dengan pendidikan, misalnya dari 10 item kebutuhan di masyarakat, pemerintah melihat dan mengkaji apa yang paling utama, itu yang difokuskan untuk bantuan.

"Untuk membangun daerah, kita melihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta cakupannya dimana saja, pemerintah fokus hingga persoalan itu tidak muncul lagi," tegasnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017