Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan jika dulu pahlawan bangsa mengusir penjajah dari Indonesia, tugas kita saat ini adalah mengusir kemiskinan dan kebodohan.

"Saat ini kita mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan cita-cita luhur dari para pahlawan yang telah mendahului kita," kata Gubernur.

Ia menambahkan, menghargai perjuangan pahlawan bangsa untuk meraih kemerdekaan tentu tidak cukup disampaikan lewat kata-kata atau seperti upacara bendera yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus.

Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari seseorang atau bangsa lain, tapi betul-betul sebuah perjuangan dari seluruh rakyat Indonesia, yang nyawa sekalipun dikorbankan.

"Bagi saya makna dari kemerdekaan saat ini adalah, tidak hanya sekedar lepas dari penjajahan, tetapi terlepas dari kemiskinan, kebodohan, dan kesengsaraan," ungkapnya.

Saat ini, tugas kita sebagai generasi bangsa saat ini, harus meneruskan apa yang menjadi cita-cita dari para pahlawan, dimana dalam berjuang mereka hanya menggunakan bambu runcing.

Menurutnya, persoalan bangsa ini masih cukup banyak, sudah 72 tahun Indonesia merdeka tapi masih ada masyarakat yang belum punya listrik, persoalan kemiskinan pun menjadi masalah setiap daerah.

"Terlebih Gorontalo dengan Sumber Daya Alam (SDA) tidak sebanyak daerah lain, tentu Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus kita unggulkan," tuturnya. 

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017