Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dua kabupaten di Provinsi Gorontalo, yakni Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara, jalin kerja sama dalam peningkatan potensi wilayah masing-masing, guna peningkatan perekonomian daerah.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Jumat di Gorontalo, mengatakan, kerja sama dua kabupaten tidak harus dilakukan dengan daerah yang saling berjauhan atau bahkan dengan negara asing, namun sangat penting menjalin kerja sama dengan daerah bertetangga.

Seperti dengan dua daerah ini, dimana Gorontalo Utara merupakan daerah yang dimekarkan 10 tahun yang lalu dari Kabupaten Gorontalo, namun kerja sama untuk saling meningkatkan perekonomian di bidang pendapatan asli daerah layak dilakukan.

Tiga bidang yang dikerjasamakan, kata Bupati Nelson, yaitu di bidang pengurusan KIR mobil.

Sebab Pemkab Gorontalo tersedia lokasi dan peralatannya, sehingga masyarakat Gorontalo Utara dalam pengurusan KIR bisa dilakukan di daerah ini.

Kerja sama di bidang pengelolaan potensi pariwisata, sebab Gorontalo Utara memiliki banyak objek wisata sedangkan Kabupaten Gorontalo memiliki akses pintu masuk sebab bandara Djalaluddin di Isimu berada di wilayah ini.

Kerja sama ketiga kata Nelson, yaitu persoalan perbatasan baik di wilayah Kecamatan Kwandang dengan Kecamatan Tibawa, maupun wilayah Kecamatan Tolinggula dan kawasan hutan Nantu.

"Banyak potensi di wilayah perbatasan perlu dikerja samakan melalui penyelesaian batas wilayah yang saat ini sedang dalam penyelesaian," ujar Bupati Nelson.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengatakan, sangat mengapresiasi kunjungan Pemkab Gorontalo tersebut.

"Daerah ini beruntung meski dimekarkan dari kabupaten induknya Kabupaten Gorontalo, namun dapat bekerja sama dalam meningkatkan kemajuan wilayah masing-masing melalui potensi yang dimiliki," ujar Bupati Indra.

Penandatanganan MoU dilakukan kedua Pemkab di halaman kantor bupati Gorontalo Utara pada kunjungan Pemkab Gorontalo memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72, diwarnai dengan penanaman bibit pohon dan pertandingan persahabatan sepak bola antar dua daerah itu.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017