Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Khatib Sholat Idul Adha 1438 Hijriah di Masjid Rahmattullah, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rahman Gozali mengajak umat Islam untuk hidup dalam kesederhanaan.

"Yang perlu kita resapi adalah hiduplah sangat sederhana, masa hidup hanyalah bagaikan siang dan malam yang datang silih berganti," kata Rahman, Jumat pagi.

Ia mengatakan manusia selalu melewati berbagai tahapan dan perkembangan, masa kecil yang penuh permainan tumbuh menjadi manusia yang dewasa, dan masuk ke masa tua yang tinggal menunggu ajal menjemput.

"Oleh karena itu marilah kita melakukan introspeksi, menghitung diri kita sudah seberapa berguna bagi orang lain dan bermanfaat bagi masyarakat dan agama, serta sudah seberapa banyak kita telah membuktikan bahwa kita adalah hamba Allah SWT," ujarnya.

Ia pun meminta jemaah untuk mendoakan seluruh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah haji, karena selain menambah kualitas dan kuantitas umat muslim di dunia, mereka juga semakin menambah kebaikan di muka bumi.

"Kita doakan jemaah haji tidak hanya menambah status sosial mereka sebagai orang yang mampu, tetapi dengan ibadah haji mereka mampu membuktikan kewajiban iman dan islam di tengah masyarakat dan menjadi teladan bagi keluarga, tetangga sebagai seorang haji yang mabrur," ujar dia.

Ia menjelaskan jika dicermati ibadah haji adalah suatu gambaran perjalanan menuju Allah dan menuju Baitullah, dan jemaah haji adalah tamu-tamu Allah.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017