Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyerahkan sebanyak 20 motor kepada penyuluh pertanian di 19 Kecamatan di daerah tersebut.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang menyerahkan langsung bantuan tersebut, Senin, mengatakan motor tersebut akan meningkatkan mobilitas para penyuluh hingga ke daerah terpencil.

"Sektor pertanian itu unggulan di daerah dan masyarakat kita banyak yang bekerja di sektor itu selain sumber daya alam yang mendukung, dan dalam pengembangannya mereka butuh pendampingan," ujarnya.

Ia menjelaskan, karir para penyuluh juga menjadi perhatian dari Pemkab Gorontalo, dan hal yang dilakukan adalah menaikan biaya operasional dan pemberian fasilitas motor.

Nelson Pomalingo juga mengatakan bahwa Pemkab akan meningkatkan kualitas para penyuluh pertanian dengan memberikan beasiswa untuk menempuh jalur pendidikan sarjana.

Sedangkan untuk komoditas pertanian daerah, Nelson mengatakan bahwa selain jagung, kini pihaknya akan mengembangkan kelapa.

Selain itu, bupati juga meminta Dinas Pertanian untuk merancang dan mengembangkan tanaman holtikultura, sayur, buah dan lada.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo menambahkan bahwa penyerahan motor itu diperuntukan bagi mantri tani dan para penyuluh di seluruh kecamatan se-Kabupaten Gorontalo.

"Dari 20 motor yang diberikan, 19 unit diserahkan ke masing-masing kecamatan, dan satu unit lainnya untuk operasional yang ditempatkan di kantor," ungkapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017