Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mencanangkan Kampung KB dan Rumah Dataku di Desa Talumelito, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Hadijah U Tayeb usai pencanangan itu mengatakan Desa Talumelito merupakan kampung ke dua yang dicanangkan menjadi kampung KB.

"Sebelumnya pada bulan Agustus 2017, pak Bupati Nelson Pomalingo telah mencanangkan kampung KB di Boliyohuto dan melalui kampung KB ini kita ingin memotivasi masyarakat agar berkeluarga berencana, lebih mesejahterakan keluarga," katanya.

Sementara itu Kepala Desa Talumelito, Alco Pakaya pada kegiatan itu mengatakan tujuan dari kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung.

"Peningkatan itu dilakukan melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas," ujarnya.

Selain itu kampung KB juga meningkatkan peran pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas masyarakat.

"Selain itu meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dan minat kerja dalam pengelolaan data kependudukan level mikro kampung KB, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan," kata Alco, lagi.

Pencanangan itu juga untuk meningkatkan pemahaman, wawasan dan keterampilan pengelola program kependudukan KB dan pembangunan keluarga dalam mereplikasi dan mengelola Rumah Data Kependudukan di Kampung KB.

"Kampung KB dan Rumah Dataku juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas komponen BKKBN dan mitra kerja dalam penyediaan dan pemanfaatn data dan informasi untuk intervensi berbagai permasalahan kependudukan, KB, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor lain," tambahnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017