Gorontalo, (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango akan membentuk tim inovasi kabupaten (TIK), untuk mengakomodir persoalan-persoalan di desa guna dicarikan solusi demi kemajuan pembangunan.

"Kalau tidak ada halangan, tim inovasi Kabupaten Bone Bolango akan segera dibentuk pada September ini, dengan pengarahnya Sekretaris Daerah, Koordinator Kepala Bappeda-Litbang, dan Ketua Harian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)," ujar Sekda Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma, Kamis (14/9).

Pembentukan tim inovasi ini merupakan tindak lanjut dari amanat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, terutama membantu masyarakat dalam pengelolaan dana desa dan lain sebagainya.

Sekda Bone Bolango telah bertemu dengan Tim Pendamping Profesional Pemberdayaan Masyarakat Desa (TP3MD), yang dipimpin langsung Koordinator TP3MD Provinsi Gorontalo Zukri Harmain, khusus mengkoordinasikan pembentukan tim inovasi kabupate ini.

Tim inovasi, katanya, dibentuk karena adanya persoalan-persoalan yang dialami di tingkat desa. Yakni selama ini di desa sering kesulitan mendapatkan mitra kerja dalam membangun infrastruktur, termasuk juga mencari konsultan, mencari pendamping dan juga mencari kontraktor.

Sehingga pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, itu memerintahkan seluruh kepada daerah melalui Sekda untuk lakukan kerja sama dengan TP3MD untuk segera membentuk TIK.

Setelah itu diminta supaya ditindaklanjuti dengan pembentukan tim koordinasi kabupaten dan tim pelaksana inovasi desa.

Dengan harapan tim tersebut akan membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk pelayanan inovasi desa dan Pokja untuk fasilitator jasa layanan teknis.

Fasilitator jasa layanan teknis ini, itu diharapkan bisa bekerjasama dengan pihak ketiga untuk melaksanakan pembangunan, baik itu infrastruktur ataupun sifatnya non fisik yang ada di tingkat desa.

"Semoga dengan kehadiran tim ini, desa-desa yang masih kekurangan SDM bisa terbantukan," katanya.  (adv/humas)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017