Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Delapan program unggulan Gubernur-wakil Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie-Idris Rahim, dalam visi terwujudnya masyarakat Gorontalo yang unggul, maju dan sejahterah, telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2022.

"Kami berharap kiranya akhir Oktober 2017, Peraturan Daerah (Perda) RPJMD telah selesai dan disahkan DRPD," kata Wagub Gorontalo Idris Rahim, dalam sambutannya pada Musyawarah Perencanaan Daerah (Musrenbang), Senin.

Dijelaskan, visi masyarakat Gorontalo yang unggul, maju dan sejahtera, dijabarkan dalam misi yakni mewujudkan pengelolaan pariwisata dan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, menjamin ketersediaan infrastruktur daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih merata dan adil, meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta terciptanya pemerintahan yang baik dan lebih melayani.

Ia menambahkan, dalam kurun waktu 2017-2022 nanti, pihaknya juga tetap fokus untuk menciptakan aparatur pemerintahan yang kreatif, inovatif, kompetitif dan profesional. Selain itu tetap komitmen menjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan politik serta lebih amanah.

"Dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan, maka aktivitas pembangunan harus mendukung lingkungan yang lebih lestari," tegas Wagub.

Sehingga pembangunan difokuskan pada pengelolaan potensi sumber daya alam terutama pertanian, kelautan, pertambangan yang ramah lingkungan, semuanya mengutamakan kepentingan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Untuk menggerakkan program-program tersebut, pihaknya menyadari butuh anggaran dan pendapatan daerah yang cukup, oleh karena itu selain fokus meningkatkan kemandirian fiskal melalui pendapatan asli daerah.

"Kami juga akan terus berupaya agar mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah pusat dan mitra kerja baik nasional maupun internasional," ujarnya.

Pada periode kedua pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim, mengusung delapan program unggulan, yaitu pendidikan berkualitas, kesehatan prima, infrastruktur merata, ekonomi kerakyatan meningkat, pemerintahan lebih melayani, agama dan budaya semarak, pariwisata mendunia, dan lingkungan lestari.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017