Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke Gorontalo pada 12 Oktober 2017, guna kampanyekan tes Inspeksi Visual dengan Asam (IVA), khususnya bahaya kena kanker serviks.

"Kehadiran ibu negara Iriana untuk melihat langsung pemeriksaan tes IVA bagi ibu-ibu di Gorontalo," kata Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, Senin.

Ia menambahkan, provinsi Gorontalo merupakan salah satu daerah yang paling rendah terhadap pemeriksaan IVA, yang telah diprogramkan secara nasional.

"Saya sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi seluruh ibu-ibu di kabupaten/kota, khususnya ketua TP-PKK, agar kunjungan Ibu Iriana nanti bisa berlangsung sukses dan lancar," harapnya.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan servik untuk mengetahui sejak dini potensi kanker mulut rahim pada wanita, terutama bagi perempuan yang sudah menikah.

Bila Asam Asetat 3-5 persen ada perubahan warna yang tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker.

"Pemeriksaan IVA ini gratis, hanya diminta supaya mau memeriksaan diri ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lain yang ada di wilayah masing-masing, ini demi kebaikan kita semua. Kalau kita sehat maka hubungan rumah tangga harmonis dan sejahtera," tambahnya.

Selain menyoroti tentang bahaya kanker Servik, ketua TP PKK Provinsi Gorontalo juga terus mengkampanyekan ancaman bahaya virus HIV/AIDS.

Menurutnya pola dan gaya hidup budaya barat sebagai konsekuensi modernisasi, industrialisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah menyebabkan perubahan-perubahan nilai kehidupan yang cenderung mengabaikan nilai-nilai moral, etika, agama termasuk nilai-nilai hubungan seksual antara individu.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017