Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) Komunal di Kelurahan Pauwo, Kabupaten Bone Bolango, yang dibangun tahun 2015-2016 menjadi percontohan nasional.

Terpilihnya IPAL Komunal Kelurahan Pauwo menjadi percontohan nasional, maka Kabupaten Bone Bolango menjadi contoh untuk petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi di Indonesia tahun 2018.

"Kami tentu bangga karena IPAL Komunal Kelurahan Pauwo ini jadi percontohan nasional. Ternyata di Bone Bolango dapat pengakuan dari Kementerian PUPR di dalam pengelolaan limbah rumah tangga," ucap Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Bone Bolango, Irman, Senin.

Ia menambahkan pembangunan IPAL Komunal Kelurahan Pauwo ini melayani sekitar 320 Kepala Keluarga (KK).

Terpilihnya IPAL Komunal Kelurahan Pauwo menjadi percontohan nasional, karena pemanfaatannya lebih dari target dan pengelolaannya langsung oleh masyarakat setempat, serta berfungsi hingga saat ini.

Sudah tiga kali tim dari Kementerian PUPR turun untuk melihat dan melakukan survei keberadaan IPAL Komunal Pauwo tersebut dan selalu menjadi perhatian mereka.

"Dari survei yang dilakukan Kementerian PUPR, IPAL Komunal Pauwo ini masuk dalam kriteria yang dipersyaratkan. Maka ditetapkanlah IPAL Komunal Pauwo ini menjadi percontohan nasional dan menjadi Juknis untuk pelaksanaan DAK Bidang Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi di seluruh Indonesia pada tahun 2018 mendatang," urainya.

Pihaknya memberi apresiasi kepada Ketua KSM Ilopauwa Fitri Usman selaku pengelola IPAL Komunal Kelurahan Pauwo dan juga masyarakat di kelurahan setempat yang berkomitmen membayar iuran untuk pemeliharaan IPAL Komunal tersebut.

"Semoga ke depan untuk pengelolaan IPAL-IPAL Komunal mendatang, khususnya di Bone Bolango kiranya bisa mencontoh IPAL Komunal Kelurahan Pauwo," pungkasnya. (adv/humas)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017