Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara memfasilitasi para operator partai politik (parpol) untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Sistem Informasi Politik (Sipol).

"Aplikasi ini akan menjadi wadah terjalinnya komunikasi antara KPU dengan partai politik peserta Pemilu 2019," ujar Ketua KPU Kabupaten, Fadliyanto Koem, Selasa di Gorontalo.

Ia menjelaskan, untuk mewujudkan aplikasi tersebut agar berjalan sesuai yang diharapkan, maka para operator seluruh parpol akan diberi pelatihan untuk memudahkan mengakses SIPOL.

Mereka tidak hanya menerima materi namun akan langsung mempraktekkannya, mengingat pentingnya aplikasi ini diketahui oleh operator masing-masing parpol.

Pihaknya kata Fadliyanto, akan mengundang pihak KPU Provinsi Gorontalo sebagai nara sumber, yaitu Ketua KPU dan Kasubbag Hukum KPU Provinsi Gorontalo selaku koordinator Sipol Provinsi Gorontalo.

Sipol merupakan media komunikasi antara KPU dan parpol, untuk kepentingan pelaksanaan Pemilu 2019 maka pihak KPU kabupaten pun akan membuka "help desk" bagi para operator sipil.

"Help desk bisa dimanfaatkan untuk konsultasi beragam hal berkaitan pelaksanaan Pemilu 2019," ujar Fadliyanto.

Intensitas komunikasi antara pelaksana dan peserta Pemilu 2019 kata Fadliyanto, diharapkan terjalin dengan baik untuk keberhasilan seluruh tahapan Pemilu khususnya di tingkat kabupaten.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017