Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, membimbing manajemen usaha mikro, kecil, dan menengah melalui Klinik Konsultasi Bisnis (Insulin).

Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo, Fory Naway, Rabu, mengatakan Insulin merupakan wadah pembimbingan usaha melalui Dinas Koperasi setempat.

"UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi nasional yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya sebagai bentuk keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat tanpa mengabaikan peranan usaha-usaha besar," jelasnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan rangkaian kegiatan bersifat sistematis dan terus menerus dalam mengasah kecakapan wirausaha serta keterampilan manajemen. Disamping itu dibutuhkan pula layanan masalah yang dihadapi oleh UMKM.

Ia mengungkapkan bahwa Insulin dapat meningkatkan daya saing terhadap usaha yang digeluti sehingga dapat bersaing dengan usaha yang terus berkembang.

"Melalui klinik konsultasi bisnis kita berharap dapat membantu meningkatkan dan mengembangkan UMKM serta mensejahterakan para pelakunya," ucap Fory.

Ia mengungkapkan bahwa pada dasarnya usaha yang tidak melakukan perencanaan atau manajemen keuangan dapat dipastikan akan mengalami kegagalan.

Di Kabupaten Gorontalo sebagian besar pelaku UMKM tidak memiliki pembukuan dalam pengelolaan usahanya. Hal ini disebabkan oleh antara lain kurangnya pemahaman terhadap manajemn UMKM.

"Maka untuk mewujudkan peningkatan para pelaku usaha kecil dan menengah dalam menerapkan manajemen bisnis terhadap usaha yang digeluti, dihadirkan Klinik Konsultasi Bisnis ini," tutupnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017