Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengharapkan masyarakat turut mengawasi penyaluran bantuan-bantuan dari kepala daerah petahana, seperti dirinya dan wakil bupati yang hendak maju lagi di Pilkada 2018.

"Masyarakat harus cerdas membedakan bantuan yang menjadi program pemerintah daerah maupun bantuan bersifat pribadi jelang Pilkada 2018," ujar Bupati Indra yang juga telah menyatakan sikapnya untuk kembali bertarung sebagai salah satu kandidat bakal Calon Bupati, Selasa.

Pada rapat tim terpadu penanganan konflik sosial tahun 2017 tingkat kabupaten itu, Bupati Indra mengimbau agar jelang Pilkada masyarakat turut mengawasi bantuan pemerintah daerah dan bantuan pribadi dari petahana, sebagai upaya mencegah konflik sedini mungkin.

"Jangan hanya gara-gara bantuan, semua akan ribut," ujar Bupati Indra.

Ia sendiri tidak pernah mengatasnamakan bantuan program pemerintah daerah sebagai bantuan pribadinya, sebab sangat berkeinginan agar seluruh tahapan Pilkada 2018 berjalan aman, tertib dan lancar.

Kasdim 1304 Gorontalo, Mayor Inf Taufiq Buhang, mengaku sangat mengapresiasi penegasan Bupati Indra Yasin dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban daerah jelang Pilkada.

Calon dari petahana memang rawan konflik khususnya dalam penyaluran bantuan baik melalui program pemerintah maupun bersifat pribadi.

"Maka penyampaian Bupati tersebut diharapkan segera disosialisasikan ke masyarakat luas untuk mendukung kondusifitas daerah," ujarnya.

Pihaknya pun kata Taufiq, sangat berharap terwujudnya pos tiga pilar di daerah itu, agar masyarakat bisa menempuh jalur musyawarah dalam penuntasan permasalahan yang bisa berujung konflik.

Antisipasi terhadap isu negatif atau "hoax" pun diharapkan bisa dicegah sedini mungkin agar daerah ini benar-benar siap menghadapi perhelatan Pilkada yang aman dan damai.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017