Gorontalo, (Antara) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou berkomitmen untuk menghadirkan penyediaan air bersih ke semua pelosok wilayah, karena itu merupakan kebutuhan pokok yang harus diutamakan.

"Saya fokus untuk penyambungan 5.000 sambungan rumah, terutama untuk warga kurang mampu hingga tahun 2018," kata bupati belum lama ini.

Bupati yang hadir pada Workshop Kebijakan dan Strategi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dalam Dokumen Perencanaan Daerah di Hotel Grand Clarion Makassar pekan lalu, mengakui dukungan air bersih ada yang dari Perusahaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) serta PDAM setempat.

Selain penyambungan 5.000 sambungan rumah, PDAM dan air desa bisa terealisasi 10 ribu sambungan rumah, sehingga totalnya bisa 15 ribu sambungan rumah.

"Kebutuhan air bersih itu sangat penting, karena menyangkut kehidupan manusia. Ini menjadi perhatian serius pemerintah," katanya.

Bupati mengakui ada beberapa desa yang sejak dulu kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga masyarakat banyak mengeluhkan ke pemerintah daerah setempat, dan ini dituntaskan secara bertahap.

Pemerintah daerah sudah berinvestasi mahal untuk membangun dan menyediakan sarana dan prasarana air bersih untuk masyarakat, sehingga masyarakat harus merasa bertanggungjawab untuk merawatnya.

Bupati juga optimistis jika fasilitas Pamsimas di daerah itu, dirawat dan dipelihara dengan baik, maka penggunaan dan pemanfaatnya akan lama guna memenuhi kebutuhan warga. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017