Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menandatangani nota kesepahaman untuk memperkuat jaringan lintas daerah, Rabu.

Objek dan ruang lingkup dalam nota kesepahaman tersebut yaitu bidang perindustrian, perdagangan dan koperasi, program adaptasi iklim, bidang perikanan dan kelautan, pendidikan.

Kerja sama tersebut dihadiri langsung Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Rabu.

Bidang pertanian, Pariwisata dan kebudayaan, penanggulangan bencana, pengendalian inflasi daerah, perhubungan, tapal batas serta bidang lain yang relevan antar kedua daerah.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada kegiatan itu mengatakan terdapat tiga hal melandasi kerja sama tersebut, yaitu secara sejarah antara Kota Limboto dan Kota Gorontalo merupakan dua kerajaan besar dan setiap saat kalau ada acara adat, keterlibatan dua daerah ini sangat dibutuhkan.

"Yang kedua adalah secara geografis kita ini berdekatan, kadangkala kerjasama kita dengan luar negeri dan provinsi lain begitu hebat, tapi antara daerah yang berdekatan tidak dilakukan. Alhamndulillah hari ini antara Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo terlaksana," ungkap Nelson.

Sedangkan hal yang ketiga menurut Bupati adalah hubungan emosional antara dia dan Wali Kota Gorontalo sejak masa kuliah hingga saat ini tetap terjalin dengan baik.

Nelson menjelaskan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan segera menindalanjuti nota kesepaham itu dengan berbagai aksi nyata seperti konektifitas transportasi mahasiswa dan pelajar antara dua wilayah.

"Kita juga akan segera bertindak nyata dalam masalah lingkungan, terutama bagaumana perbaikan sungai bulango yang berbatasan dengan daerah kita. Sungai Bulango menjadi salah satu sumber air dan kehidupan masyarakat kedua wilayah dan harus kita perbaiki bersama," ungkap Nelson, lagi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017