Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo meminta pemerintah kabupaten setempat dapat melakukan percepatan realisasi fisik program pembangunan di daerah setempat.

"Hasil rapat koordinasi dan evaluasi bersama pemkab, DPRD, beberapa organisasi perangkat daerah. Realisasi fisik masih berada di garis merah," ucap Ketua Komisi II DPRD setempat, Hitler Datau di Gorontalo, Kamis.

Anggota Fraksi Partai Golkar ini meminta pemerintah daerah mendorong percepatan realisasi pekerjaan fisik terhadap program pembangunan daerah.

Khususnya program pembangunan yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Sisa tahun anggaran 2017 ini kata Hitler, jika dihitung normatif diperkirakan tinggal 35 hari kerja, maka sangat penting bagi pemerintah daerah untuk memacu realisasi pekerjaan fisik program pembangunan daerah di tahun ini agar target serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 mencapai 100 persen, dapat tercapai.

"Waktu penuntasan antara realisasi fisik di lapangan dengan sisa waktu kerja administrasi sudah sangat mepet, maka diperlukan keseriusan pemerintah daerah ditunjang dengan beragam terobosan, agar program pembangunan tahun ini terealisasi 100 persen," ujar Hitler.

Namun DPRD mengingatkan pemerintah daerah, agar meminta pihak rekanan tidak mengabaikan kualitas pekerjaan.

"Jangan sampai kualitas pembangunan di daerah ini dibawah harapan hanya karena mengejar waktu realisasi pekerjaan, sebab realisasi fisik harus sama dengan kualitas pekerjaan agar pemanfaatannya lama dan tidak merugikan anggaran daerah," kata Hitler.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017