Gorontalo, (Antara) - Sejumlah warga di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, minta pemerintah setempat untuk segera melakukan perbaikan akses jalan.

Mayoritas warganya yang berprofesi sebagai petani gula aren, telah membuat Kecamatan Bulango ulu terkenal sebagai salah satu sentra penghasil komoditas unggulan yang berada di Kabupaten Bone Bolango.

Lokasi Kecamatan Bulango Ulu yang jauh dari pusat kota, membuat proses penyaluran hasil produksi bergantung pada akses jalan yang dilewati.

Umar Pajulu, salah seorang petani di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu mengatakan bahwa para petani masih mengalami kesulitan pada saat mengangkut hasil panen mereka kepada pedagang pengumpul ataupun ke pasar tradisional di Kota Gorontalo, karena akses jalan yang masih rusak.

"Akses jalan yang masih rusak membuat kami sangat kesulitan untuk mengangkut hasil panen hingga pasar tradisional yang lokasinya berjarak hingga 11 km dari desa yang kami tinggali," keluhnya.

Ia menambahkan, kegiatan penyaluran hasil panen akan lebih berkendala jika musim hujan tiba, yang tentunya menyebabkan proses penyaluran tidak akan berjalan dengan baik.

"Ketika musim penghujan tiba, kami tidak bisa melakukan proses penyaluran hasil panen ke kota. Selain karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati, longsor pun jadi momok yang kami takuti," katanya.

Di samping itu, Yusup Usman, warga Desa Mongiilo menjelaskan pihak warga sudah mengajukan permintaan untuk perbaikan akses jalan di Kecamatan Bulango Ulu, namun hingga kini belum ada realisasi yang terjadi.

"Sudah sejak lama kami meminta pemerintah untuk segera melakukan perbaikan akses jalan, karena seperti yang kita lihat sendiri arus perekonomian kami tidak akan berputar jika hasil produksi tidak bisa sampai ke pasar tradisional," keluhnya.

Di lain sisi, Bupati Bone Bolango Hamim Pou setelah dimintai keterangan mengatakan bahwa perbaikan jalan di Kecamatan Bulango Ulu akan segera diperbaiki pada dua tahun mendatang.

Ia berharap semua desa yang ada di Kabupaten Bone Bolango dapat memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan baik, agar nantinya dapat mempercepat pembangunan infrastruktur daerah di desa lainnya di Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta: Siti Hardianti Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017