Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 350 ulama di Asia Tenggara bertemu di Gorontalo, dalam rangka pelaksanaan "muzakarah" pengkaderan Tauhid Tasauf, bersama dengan ribuan umat Islam dari provinsi itu, Selasa.

Sejumlah negara yang berpartisipasi di kegiatan itu yakni dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Philipina, Kamboja, dan Indonesia.

"Luar biasa, kegiatan keagamaan hari ini dihadiri oleh ribuan umat Islam, Allahu Akbar," ungkap Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat membuka pelaksanaan pengkaderan, yang terlaksana atas kerja sama Majelis Pengkajian Tauhid Tasauf (MPTT) dengan Pondok Pesantren Al-Huda Kota Gorontalo.

Wagub mengatakan, Gorontalo yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dikenal sebagai daerah julukan "Serambi Madinah" yang memiliki filosofi adat bersendikan "sara dan sara bersendikan Kitabullah".

Dalam menyemarakkan kegiatan keagamaan, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menetapkan delapan program unggulan, dimana salah satunya adalah program agama dan budaya yang lebih semarak, terkait hal itu atas nama pemerintah, wagub memberi apresiasi yang tinggi dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Kami berupaya membangun kehidupan keagamaan yang lebih semarak, karena kita meyakini agama dapat mewujudkan kedamaian dan ketertiban, dengan demikian pembangunan akan berjalan lancar, dan pada ujung-ujangnya kesejahteraan masyarakat meningkat," tambahnya.

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana pengkaderan Tahuid Tasauf, Faiz Mahmud menyampaikan, selain menjalin silaturrahim dan memupuk kerja sama antar negara di kawasan Asia Tenggara, pengkaderan itu juga bertujuan untuk menghasilkan kader pembina umat dan penerus perjuangan dakwah Rasulullah.

"Melalui pengkaderan ini kita akan menumbuhkan dan menyuburkan budaya cinta ilmu, muzakarah, dan musyawarah dalam berbagai aspek kehidupan," kata Faiz Mahmud.

Pengkaderan akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 14 hingga 16 November 2017, yang diisi dengan kegiatan tausiah, dzikir, doa, dan shalawat.

Hadir pada pembukaan pengkaderan Tauhid Tasauf diantaranya ketua umum MPTT Abuya Syeikh Haji Amran Waly Al-Khalidi, para syeikh dan tuan guru dari negara-negara ASEAN, serta para pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017